Rabu, 03 April 2013

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Partial dan Pure e-commerce


Contoh Perusahaan yang Menerapkan Partial dan Pure e-commerce
E-commerce
Electronic commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet. e-Commerce tidak hanya sekedar proses menjual dan membeli tapi juga berarti melayani pelanggan, berkolaborasi dengan partner bisnis dan dalam lingkungan suatu organisasi. Ada dua jenis e- commerce, yaitu partial e-commerce dan pure e-commerce. Kita mengenal adanya pure e-commerce dan partial e-commerce. Suatu e-commerce dikategorikan pure atau partial  berdasarkan pada tingkat digitasi dari suatu produk yang diperdagangkan, proses, dan agen pengirimannya. Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai pure dan partial e-commerce beserta dengan perusahaan contoh yang melaksanakan pure dan partial e-commerce tersebut.
·         Partial e commerce dicirikan dengan penggabungan antara aspek digital dan tradisional/fisik, penggunaan model bisnis click-and-mortar organization (penggabungan antara offline dan online), serta melakukan kegiatan-kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata.
Contoh perusahaan partial e-commerce misalnya adalah PT KIA (PT Kokoh Inti Arebama). Perusahaan ini telah memiliki situs web yang khusus melayani transaksi secara online. Dalam situs web tersebut, mereka juga menyediakan informasi mengenai detail produk yang mereka jual. Detail ini termasuk harga dan spesifikasi produknya. Pada PT KIA, pengiriman barang dilakukan secara fisik dengan kendaraan tertentu. Oleh karena itu, perusahaan ini dikatakan sebagai perusahaan yang melakukan bisnis e-commerce partial. Kegiatan utama atau bisnis mereka lebih dominan dilakukan dalam dunia nyata. Selain itu, barang yang diperjualbelikan oleh PT KIA adalah barang yang berbentuk fisik, sehingga disebut partial e-commerce.

·         Pure e-commerce dicirikan dengan segala aspek dalam sistem e-commerce yang semuanya dilakukan secara digital. Selain itu, ciri lain dari pure e-commerce adalah organisasi penyelenggara benar-benar organisasi online, menggunakan model bisnis new-economy organization, dan menjual produk atau jasanya hanya secara online.
Contoh perusahaan pure e-commerce adalah perusahaan software antivirus Grisoft. Perusahaan ini menyediakan antivirus AVG yang dijual secara online. Dalam pembeliannya, proses dilakukan dengan cara mengunduh master antivirus AVG. Pembayaran dilakukan melalui rekening. Saat kita membeli dengan cara mengunduh, ikuti panduan di www.avg.com/id-id/support-existing  dan kita bisa menghubungi pihak perusahaan untuk meminta pengembalian pembayaran. Kemudian kita tunggu hingga tiga puluh (30) hari sampai uang pembelian dikembalikan ke rekening kita.

v Contoh Perusahaan yang Menerapkan Internet e commerce dan non Internet e commerce
Internet e commerce
Internet adalah suatu jaringan computer dimana antara yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Internet dapat juga diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat pemilik jaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet. Jadi konsep dari internet e commerce adalah suatu bentuk pemasaran global yang meliputi jual beli barang dan jasa serta informasi terkait produk yang diperjualbelikan tersebut melalui jaringan internet. Akan tetapi tidak hanya terbatas pada proses jual beli, internet e commerce juga berarti dalam proses melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan partner bisnis.
Contoh perusahaan yang menerapkan internet e commerce dalam menjalankan roda bisnisnya adalah PT Kokoh Inti Arebama. Perusahaan distributor bahan-bahan bangunan ini mengaplikasikan web dalam melayani pelanggannya. Pelangggan dapat mengunjungi www.kiaceramics.com untuk memesan barang yang diinginkan. Dalam web ini tersedia fasilitas search apabila pelanggan mengalami kesulitan dalam mencari barang yang diinginkan. Selain itu pelanggan dapat langsung memesan produk yang diinginkan secara online. Informasi-informasi terkait produk yang di jual PT Kokoh Inti Arebama juga terdapat dalam web tersebut.
Non internet e commerce
Non internet atau Intranet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung yang digunakan suatu sistem organisasi. Bisa dibilang intranet merupakan “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet. Intranet dapat menjadi fondasi untuk lingkungan enterprise dimana informasi dari beragam sumber atau media, termasuk teks, suara, video, dan bahkan slde digital  bisa ditampilkan dan diakses di lintas perusahaan melalui antarmuka umum yang sederhana. Jadi non internet e commerce adalah sistem perdagangan dimana para karyawan yang bekerja di suatu perusahaan dapat saling bekerja sama dalam memberikan informasi dalam melayani pelanggannya. Misalnya staf penjualan dapat menggunakan intranet sebagai portal informasi perusahaan untuk menyelesaikan proses penjualan hingga melihat artikel terbaru menenai pelanggan atau pesaing.
Contoh perusahaan yang menerapkan non internet e commerce adalah PT Telkom Divre V. PT Telkom menggunakan Web Site Portal Intranet yang beralamatkan di http://portal.divre.5.net. Ini merupakan media komunikasi yang hanya dapat diakses dalam internal PT. Telkom saja. Portal divre5net dapat dibuka dan baca oleh pegawai Telkom se-Indonesia yang memiliki NIK (Nomor Induk Pegawai). Web Site Portal Intranet merupakan suatu media komunikasi terinteraktif pertama yang berhasil dibangun oleh divisi SISFO (Sistem Informasi) dan didukung oleh divisi lain seperti divisi Public Relation, divisi Performansi, dan divisi sumber daya manusia di Divre V. Akhirnya dasar penggunaanya menarik minat dan diadopsi oleh divre-divre lainnya. Penggunaan Web Site Portal Intranet ini juga diharapkan dapat membantu para karyawan untuk melakukan interaksi dan komunikasi yang bersifat interaktif dengan semua karyawan. Dengan memanfaatkan teknologi baru bermedia computer ini, karyawan dapat berhubungan dengan siapa pun, dan dimanapun dalam organisasinya. Karyawan PT Telkom juga dengan mudah dapat menemukan informasi-informasi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga pekerjaannya dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.


v JENIS – JENIS BISNIS E COMMERCE
1.      Online Direct Marketing
Athalia Shop adalah salah satu contoh butik pakaian remaja yang penjualannya melalui internet. Cara pemesanannya ialah :
a.      Sms ke nomor yang telah disediakan dengan format yang telah ditentukan.
b.      Transfer via BNI.
c.       Pemesanan akan dikirim melalui TIKI apabila uang sudah ditransfer.
d.      Pastikan barang yang dipilih benar-benar sesuai karena barang yang telah dikirim tidak dapat ditukar.

2.      Electronic Tendering System
Contoh : Distro ‘Bloop’
Bloop adalah salah satu distro ternama di Bandung yang melakukan pemasarannya juga melalui media elektronik yaitu internet. Melalui situs ini, Bloop menerima pemesanan dan menawarkan berbagai macam pakaian remaja yang pastinya sedang digandrungi mulai dari merk-merk yang harganya biasa saja sampai dengan merk-merk yang berharga tinggi. Selain pakaian, Bloop juga menawarkan berbagai macam accecories, sandal, sepatu, dan tas yang pastinya selalu mengikuti perkembangan jaman.

3.      Name Your Own Price
Contoh : Bakrie Telecom (ESIA)
Bakrie Telecom adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang dimiliki oleh keluarga Bakrie. Salah satu produknya adalah ESIA. Berbagai macam strategi dilakukan oleh ESIA ini sehingga ESIA menjadi CDMA termurah.


4.      Find The Best Price
Contoh : Hargamurah.com
Di hargamurah.com, Anda akan mendapatkan kemudahan bertransaksi, harga yang murah dibandingkan dengan yang lain karena hargamurah.com melakukan perbandingan harga dengan yang lain, namun kualitas tetap terjamin, dan cepat sampai karena hargamurah.com menggunakan perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Anda dapat menggunakan Layanan Purna Jual yang terletak di website. Produk-produk yang ditawarkan di hargamurah.com meliputi audio system, TV display, alat-alat kesehatan dan kecantikan, office equipment, dan masih banyak lainnya.

5.      Affiliate Marketing
Contoh : Innovation Store
Innovation store adalah salah satu toko yang menjual berbagai macam alat kesehatan yang berpusat di Jakarta dan di dalam situsnya, Innovation Store memiliki beberapa cabang diantaranya di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, dll. Hal ini memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan barang di cabang yang terdekat.

6.      Viral Marketing
Smadav 2010 Rev. 8 dirilis dengan berbagai fitur dan penyempurnaan baru yang dikhususkan untuk pemberantasan virus lokal. Fitur-fitur itu seperti Smad-Behavior yang bisa mengenali virus lokal baru yang belum ada di database Smadav dari tingkah lakunya ketika menginfeksi sistem. Smad-Ray yang bisa melakukan scan flashdisk secara otomatis setelah terpasang hanya dalam waktu maksimum 5 detik. Untuk mendownload Smadav, bisa dilakukan dengan cara mengklik www.SmadavAntivirus.com.

7.      Group Purchasing
Contoh : Pusat Grosir Pakaian Anak
Tamy adalah salah satu pemilik pusat grosir pakaian anak yang terletak di Bandung. Tamy tidak menerima pesanan dalam bentuk satuan, karena dia hanya menerima pesanan dalam bentuk grosir. Tamy akan memberikan diskon special kepada kutomer dengan pesanan banyak. Untuk pemesanan bisa langsung ke toko maupun ke website :

8.      Online Auctions
eBay adalah pasar terbesar di dunia maya, tempat dimana para pembeli datang dari seluruh dunia mencari berbagai macam jenis barang yang dijual disana mulai dari barang-barang antik sampai dengan berbagai jenis mobil, berbagai macam buku sampai dengan peralatan olahraga, dan banyak lagi lainnya. Tidak hanya pembeli, eBay pun membuka secara luas kesempatan kepada para pemilik barang dimanapun di seluruh dunia untuk menjual barangnya dengan cara yang mudah.

Secara umum cara kerja eBay adalah:
a.      Penjual mendaftarkan barang dagangannya di eBay.
b.      Penjual memilih sistem penawaran yang diinginkan apakah Auction (sistem lelang) atau "Buy it Now" (fixed price).
c.       Pada sistem lelang, harga dibuka sesuai harga awal yang ditetapkan penjual dan menetapkan jangka waktu pelelangan. Para peminat kemudian mengajukan harga penawaran dan pada saat waktu pelelangan habis maka penawar dengan harga tertinggi yang menjadi pemenangnya.
d.      Sedangkan pada sistem fixed price, pembeli pertama yang mengajukan penawaran yang akan mendapatkan barang dijual.
Untuk bisa mendaftarkan barang dagangan, sebelumnya Anda sudah harus memiliki account eBay (pendaftaran di eBay.com) dan disarankan juga memiliki account Paypal sebagai alat pembayaran di Internet.

9.      Product and Service Customization
Contoh : Bank Mandiri
Selain menyediakan  layanan melalui kantor-kantor, baik di pusat maupun cabang, Bank Mandiri juga menyediakan layanan melalui internet dalam waktu 1 x 24 jam. Layanan 24 Jam adalah saluran distribusi elektronik Bank Mandiri yang terdiri dari Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet dan Mandiri Call. Jadi, nasabah Mandiri bisa melakukan transaksi dan menikmati layanan Mandiri secara real time.

10.  Electronic Marketplaces and Exchanges
Contoh : Glodok Elektronik Jakarta
Glodok adalah sebuah pasar elektronik yang terletak di Jakarta yang melayani pemesanan dari seluruh Indonesia, baik secara langsung, telepon, email, maupun secara on line. Apabila Anda belanja melalui internet, Glodok akan menyediakan shopping cart untuk memudahkan Anda dalam memilih barang, dan shopping cart tersebut akan secara otomatis menampilkan total harga sesuai dengan barang yang Anda pesan.

11.  Value-chain service providers atau jasa provider menawarkan pelayanan special di proses supply chain seperti logistic penyedia atau jasa payment.

Contoh perusahaannya adalah perusahaan pengiriman barang FedEx yang telah mampu memanfaatkan menggunakan Value- chain service providers dengan menambahkan nilai bagi pelanggan (gratis) dan pada gilirannya telah meningkatkan loyalitas pelanggan di pasar yang sangat kompetitif. Dalam informasi ini semakin ekonomi berbasis manajer harus ekstrak nilai dari kedua rantai nilai fisik dan virtual untuk berhasil.

Dalam rantai nilai virtual (VVC), informasi telah menjadi elemen dinamis dalam pembentukan bisnis 'keunggulan kompetitif. Informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk menghasilkan konsep-konsep inovatif dan 'pengetahuan baru. Ini diterjemahkan menjadi nilai baru bagi konsumen. Pemeriksaan model VVC menginformasikan bisnis apa fungsi mereka dalam rantai tersebut, dan jika mereka saat ini tidak menawarkan layanan yang berbasis informasi (yaitu layanan Internet), bagaimana mereka dapat melakukan transisi ke model berbasis informasi.

Dalam rantai nilai virtual yang 'virtual' menunjukkan bahwa penambahan nilai dilakukan dengan langkah-langkah informasi .Transfer informasi antara semua peristiwa dan di antara semua anggota adalah komponen fundamental dalam menggunakan model ini. Dalam VVC penciptaan pengetahuan / nilai tambah didalamnya terdiri dari lima acara: gathering, organisasi, pemilihan, synthesization, dan penyebaran informasi. Penyelesaian kelima peristiwa, memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan pasar baru dan hubungan baru dalam pasar yang sudah ada. Proses penyulingan bisnis bahan mentah menjadi sesuatu yang bernilai dan urutan peristiwa yang terlibat adalah sama dengan usaha mengumpulkan informasi dan menambah nilai melalui siklus peristiwa. ( www.wikipedia.com )

12.  Supply-chain improvers adalah pengaturan kembali supply chain suatu perusahaan yang menjadi pusat jalannya suatu perusahaan atau pengaturan lainnya yang meningkatkan kerjasama, mengurangi keterlambatan, dan membuat jalannya supply chain menjadi lebih licin.
Contoh perusahaannya adalah wings food perusahaan ini mempunyai pengaturan persediaan di gudang sehingga tidak terjadi penumpukan persediaan di gudang ( www. Blogster.com ).

13.  Supply-chain improvers adalah pengaturan kembali supply chain suatu perusahaan yang menjadi pusat jalannya suatu perusahaan atau pengaturan lainnya yang meningkatkan kerjasama, mengurangi keterlambatan, dan membuat jalannya supply chain menjadi lebih licin.

Contoh perusahaannya adalah wings food perusahaan ini mempunyai pengaturan persediaan di gudang sehingga tidak terjadi penumpukan persediaan di gudang ( www. Blogster.com )

14.  Bartering Online adalah  sebagai saluran perantara untuk pertukaran saham atas produk yang surplus dan ataupemebrian point khusus untuk perusahaan yang memiliki kontribusi yang nantinya point tersebut dapat di pakai untuk membeli jenis barang apa saja yang dibutuhkan.

Contoh perusahaannya adalah perusahaan Ameritrade bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi. Pembeli bisa mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktivitas (www. community.gunadarma.ac.id )

15.  Membership adalah yang diberikan agar siapa yang telah menjadi member akan dapat mengakses full content, termasuk kedalamnya untuk mengakses informasi yang di butuhkan, bahkan juga untuk melakukan trading.

Contoh perusahaannya adalah PT Persib Bandung Bermartabat meluncurkan "Persib Card" untuk mendukung langkah tim Maung Bandung itu pada Liga Super Indonesia 2009-2010 dalam suatu acara di Pendopo Walikota Bandung, Kamis (20/8) malam. "Persib Card" merupakan salah satu bentuk program yang ditawarkan oleh PT Persib Bandung Bermartabat kepada masyarakat umum atau "bobotoh" untuk berpartisipasi dan berperan aktif mengantarkan Persib Bandung berlaga di Liga Super Indonesia 2009-2010 dan Piala Indonesia 2009-2010. "Persib Card" diluncurkan kepada publik dengan empat jenis kartu yakni Platinum senilai Rp 10 juta per tahun, Gold Rp 5 juta, Silver Rp 1 juta dan Blue senilai Rp 100 ribu per tahun. "Persib Card menjadi modal untuk mendapatkan data statistik yang meliputi jumlah 'bobotoh' tercatat berdasar usia, jenis kelamin, profesi, domisili dan data lainnya yang berharga dan memperkuat posisi tawar Persib," kata Dirut PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) H Umuh Muhtar. Para pemilik kartu Persib itu akan mendapatkan beberapa manfaat sesuai dengan kategori kartu yang dimilikinya antara lain tiket VIP, kostum Persib, syal, asuransi kecelakaan dan diskon belanja di gerai berlogo EC.
Sementara itu PT Persib Maung Bermartabat melakukan ekspos pertama dengan memaparkan rencana bisnis Persib untuk beberapa tahun ke depan sekaligus menjaring sponsor untuk musim depan. (http://m.bola.net )

  1. Deep discounters adalah suatu perusahaan yang memberikan harga discount yang tinggi sehingga menjadi pertimbangan untuk para konsumen yang menyadari bahwa di perusahaan mereka itu sajalah yan memiliki harga discount yang sangat tinggi.
Contoh perusahaannya adalah Matahari department store melakukan discount besar-besaran pada waktu hari raya, hal itu dimaksudkan agar barang mereka dapat terjual dengan banyak hal ini di karenakan toko-toko yang lain juga melakukan hal yang sama yaitu melakukan discount pada barang yang akan mereka jual oleh sebab itu Matahari department store melakukan discount yang tinggi pada perusahaannya,
Selain itu pada waktu barang-barang tidak laku dijual biasanya Matahari department store juga melakukan discount agar bar-barangnya dapat terjual atau istilah lainnya adalah cuci gudang. ( www.blogster.com )

  1. Negotiations merupakan bentuk interaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli. Negosiasi harga digunakan untuk produk khusus arau yang berharga tinggi. Harga negosiasi biasanya terjadi ketika pembeliam produk dalam jumlah besar.
Contoh perusahaannya adalah perusahaan retail carrefour perusahaan ini melakukan negosiasi dalam pembelian barang jumnlah besar agar mendapatkan harga yang optimal. ( www.wikipedia.com )

  1. Direct sale by manufactures adalah perusahaan yang menjual produknya tanpa melalui distributor.
contoh perusahaannya adalah BATA perusahaan ini menjual produknya dengan harga pabrik. ( www. Blogster.com )

  1. Social Networks Communities and blogging adalah perusahaaan yang membuat penyedia jasa jaringan social
contoh perusahaannya adalah blogspot perusahaan ini memberikan space gratis bagi para penggunanya dalam bentuk blog. ( www. Blogster.com )
20.  Value- chain intregrators adalah Perusahaan didirikan karena adanya suatu permintaan pelanggan dan pasar terhadap produk atau jasa tertentu. Dengan sumber daya yang ada, perusahaan akan berusaha untuk mengubah berbagai bahan mentah yang ada sebagai input untuk menjadi output berupa produk yang diinginkan pelanggan. Rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi ini oleh Michael Porter diistilahkan sebagai Value Chain (rantai nilai). Karena bahan mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan pada dasarnya merupakan output atau produk dari rangkaian rantai nilai perusahaan lain sebagai pemasoknya, maka pengintegrasian kedua rantai nilai ini akan semakin meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penciptaan produk secara keseluruhan. Dengan mengintegrasikan rantai nilai perusahaan dengan berbagai rantai nilai mitra bisnisnya melalui internet, maka berbagai manfaat dapat secara langsung dirasakan oleh manajemen, misalnya:
  • Perusahaan tidak perlu harus menimbun sedemikian banyak bahan mentah di gudangnya karena tahu persis jumlah stok dan durasi pengiriman dari para pemasoknya;
  • Perusahaan dapat menciptakan produk secara lebih murah, cepat, dan berkualitas baik karena telah terjalinnya jaringan proses antara pemasok dan perusahaan;
  • Perusahaan dapat meningkatkan profitnya secara signifikan karena dengan kemampuan menyatukan rantai nilai dari seluruh perusahaan yang terlibat dalam sistem penciptaan produk, perusahaan dapat berkonsentrasi pada kompetensi utamanya (core competencies) dan“membuang” proses-proses pendukung lainnya ke pihak lain (outsourcing management);
  • dan lain sebagainya.
Pada tahapan evolusi kedua ini, value e-business yang didapatkan perusahaan melalui pengintegrasian via internet ini akan semakin meningkat. Jika pada tahapan pertama sebelumnya pelanggan mendapatkan value yang cukup berarti, maka pada tahap kedua ini selain manajemen, para pemilik perusahaan (shareholders) juga dapat secara langsung merasakan manfaatnya karena meningkatnya tingkat profitabilitas dihasilkan perusahaan.
contoh perusahaannya adalah indofood dan bogasari karena perusahaan bogasari sebagai penyuplai bahan mentah bagi indofood sehingga indofood mendapatkan yang lebih rendah dari harga pasar. ( www. Blogster.com )



DAFTAR PUSTAKA

http://csui05.net/?cat=2534                                

1 komentar:

  1. makasih ya mba enno sudah kasih Contoh Perusahaan yang Menerapkan Partial dan Pure e-commerce CELOTEHPRAJA.COM

    BalasHapus