Contoh Perusahaan yang Menerapkan Partial dan Pure e-commerce
E-commerce
Electronic
commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai
proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi
melalui jaringan informasi internet. e-Commerce tidak hanya sekedar proses
menjual dan membeli tapi juga berarti melayani pelanggan, berkolaborasi dengan
partner bisnis dan dalam lingkungan suatu organisasi. Ada dua jenis e-
commerce, yaitu partial e-commerce dan pure e-commerce. Kita mengenal adanya
pure e-commerce dan partial e-commerce. Suatu e-commerce dikategorikan pure
atau partial berdasarkan pada tingkat
digitasi dari suatu produk yang diperdagangkan, proses, dan agen pengirimannya.
Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai pure dan partial e-commerce beserta
dengan perusahaan contoh yang melaksanakan pure dan partial e-commerce
tersebut.
·
Partial e commerce dicirikan dengan
penggabungan antara aspek digital dan tradisional/fisik, penggunaan model
bisnis click-and-mortar organization (penggabungan antara offline dan online),
serta melakukan kegiatan-kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata.
Contoh perusahaan partial
e-commerce misalnya adalah PT KIA (PT Kokoh Inti Arebama). Perusahaan ini telah
memiliki situs web yang khusus melayani transaksi secara online. Dalam situs
web tersebut, mereka juga menyediakan informasi mengenai detail produk yang
mereka jual. Detail ini termasuk harga dan spesifikasi produknya. Pada PT KIA,
pengiriman barang dilakukan secara fisik dengan kendaraan tertentu. Oleh karena
itu, perusahaan ini dikatakan sebagai perusahaan yang melakukan bisnis
e-commerce partial. Kegiatan utama atau bisnis mereka lebih dominan dilakukan
dalam dunia nyata. Selain itu, barang yang diperjualbelikan oleh PT KIA adalah
barang yang berbentuk fisik, sehingga disebut partial e-commerce.
·
Pure e-commerce dicirikan dengan segala
aspek dalam sistem e-commerce yang semuanya dilakukan secara digital. Selain
itu, ciri lain dari pure e-commerce adalah organisasi penyelenggara benar-benar
organisasi online, menggunakan model bisnis new-economy organization, dan
menjual produk atau jasanya hanya secara online.
Contoh perusahaan pure
e-commerce adalah perusahaan software antivirus Grisoft. Perusahaan ini
menyediakan antivirus AVG yang dijual secara online. Dalam pembeliannya, proses
dilakukan dengan cara mengunduh master antivirus AVG. Pembayaran dilakukan
melalui rekening. Saat kita membeli dengan cara mengunduh, ikuti panduan di
www.avg.com/id-id/support-existing dan
kita bisa menghubungi pihak perusahaan untuk meminta pengembalian pembayaran.
Kemudian kita tunggu hingga tiga puluh (30) hari sampai uang pembelian
dikembalikan ke rekening kita.
v Contoh Perusahaan yang Menerapkan Internet e commerce dan non
Internet e commerce
Internet e commerce
Internet
adalah suatu jaringan computer dimana antara yang satu dengan yang lain saling
terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Internet dapat juga
diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi
dan sebagai sarana komunikasi data berupa suara, gambar, video dan juga teks.
Informasi ini dibuat pemilik jaringan komputer atau dibuat pemilik informasi
yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet. Jadi konsep dari
internet e commerce adalah suatu bentuk pemasaran global yang meliputi jual
beli barang dan jasa serta informasi terkait produk yang diperjualbelikan
tersebut melalui jaringan internet. Akan tetapi tidak hanya terbatas pada
proses jual beli, internet e commerce juga berarti dalam proses melayani
pelanggan dan berkolaborasi dengan partner bisnis.
Contoh
perusahaan yang menerapkan internet e commerce dalam menjalankan roda bisnisnya
adalah PT Kokoh Inti Arebama. Perusahaan distributor bahan-bahan bangunan ini
mengaplikasikan web dalam melayani pelanggannya. Pelangggan dapat mengunjungi www.kiaceramics.com untuk memesan barang
yang diinginkan. Dalam web ini tersedia fasilitas search apabila pelanggan
mengalami kesulitan dalam mencari barang yang diinginkan. Selain itu pelanggan
dapat langsung memesan produk yang diinginkan secara online.
Informasi-informasi terkait produk yang di jual PT Kokoh Inti Arebama juga
terdapat dalam web tersebut.
Non internet e commerce
Non
internet atau Intranet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung
yang digunakan suatu sistem organisasi. Bisa dibilang intranet merupakan
“internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan
yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan
seberagam di internet. Intranet dapat menjadi fondasi untuk lingkungan enterprise
dimana informasi dari beragam sumber atau media, termasuk teks, suara,
video, dan bahkan slde digital bisa
ditampilkan dan diakses di lintas perusahaan melalui antarmuka umum yang
sederhana. Jadi non internet e commerce adalah sistem perdagangan dimana para
karyawan yang bekerja di suatu perusahaan dapat saling bekerja sama dalam
memberikan informasi dalam melayani pelanggannya. Misalnya staf penjualan dapat
menggunakan intranet sebagai portal informasi perusahaan untuk menyelesaikan
proses penjualan hingga melihat artikel terbaru menenai pelanggan atau pesaing.
Contoh
perusahaan yang menerapkan non internet e commerce adalah PT Telkom Divre V. PT
Telkom menggunakan Web Site Portal Intranet yang beralamatkan di http://portal.divre.5.net. Ini merupakan
media komunikasi yang hanya dapat diakses dalam internal PT. Telkom saja. Portal divre5net dapat dibuka dan baca oleh pegawai Telkom
se-Indonesia yang memiliki NIK (Nomor Induk Pegawai). Web Site Portal
Intranet merupakan suatu media komunikasi terinteraktif pertama yang berhasil
dibangun oleh divisi SISFO (Sistem Informasi) dan didukung oleh divisi lain
seperti divisi Public Relation, divisi Performansi, dan divisi sumber daya
manusia di Divre V. Akhirnya dasar penggunaanya menarik minat dan diadopsi oleh
divre-divre lainnya. Penggunaan Web Site Portal Intranet ini juga
diharapkan dapat membantu para karyawan untuk melakukan interaksi dan
komunikasi yang bersifat interaktif dengan
semua karyawan. Dengan memanfaatkan teknologi baru bermedia computer ini,
karyawan dapat berhubungan dengan siapa pun, dan dimanapun dalam organisasinya. Karyawan PT Telkom juga dengan mudah dapat
menemukan informasi-informasi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga
pekerjaannya dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.
v
JENIS – JENIS BISNIS E
COMMERCE
1. Online Direct Marketing
Contoh : Athalia Shop http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100001018431088&ref=ts
Athalia Shop adalah salah
satu contoh butik pakaian remaja yang penjualannya melalui internet. Cara
pemesanannya ialah :
a.
Sms ke nomor yang telah disediakan dengan format yang telah
ditentukan.
b.
Transfer via BNI.
c.
Pemesanan akan dikirim melalui TIKI apabila uang sudah
ditransfer.
d.
Pastikan barang yang dipilih benar-benar sesuai karena barang
yang telah dikirim tidak dapat ditukar.
2. Electronic Tendering System
Contoh : Distro ‘Bloop’
Bloop adalah salah satu
distro ternama di Bandung yang melakukan pemasarannya juga melalui media
elektronik yaitu internet. Melalui situs ini, Bloop menerima pemesanan dan
menawarkan berbagai macam pakaian remaja yang pastinya sedang digandrungi mulai
dari merk-merk yang harganya biasa saja sampai dengan merk-merk yang berharga tinggi.
Selain pakaian, Bloop juga menawarkan berbagai macam accecories, sandal,
sepatu, dan tas yang pastinya selalu mengikuti perkembangan jaman.
3. Name Your Own Price
Contoh : Bakrie Telecom
(ESIA)
Bakrie Telecom adalah
salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang dimiliki oleh
keluarga Bakrie. Salah satu produknya adalah ESIA. Berbagai macam strategi
dilakukan oleh ESIA ini sehingga ESIA menjadi CDMA termurah.
4. Find The Best Price
Contoh : Hargamurah.com
Di
hargamurah.com, Anda akan mendapatkan kemudahan bertransaksi, harga yang murah
dibandingkan dengan yang lain karena hargamurah.com melakukan perbandingan
harga dengan yang lain, namun kualitas tetap terjamin, dan cepat sampai karena hargamurah.com
menggunakan perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Anda dapat
menggunakan Layanan Purna Jual yang terletak di website. Produk-produk yang ditawarkan
di hargamurah.com meliputi audio system, TV display, alat-alat kesehatan dan
kecantikan, office equipment, dan masih banyak lainnya.
5. Affiliate Marketing
Contoh : Innovation Store
Innovation store adalah
salah satu toko yang menjual berbagai macam alat kesehatan yang berpusat di
Jakarta dan di dalam situsnya, Innovation Store memiliki beberapa cabang
diantaranya di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, dll. Hal ini
memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan barang di cabang yang terdekat.
6. Viral Marketing
Contoh : Smadav Antivirus Indonesia http://healthmoslemcommunity.wordpress.com/2010/01/12/smadav-antivirus-indonesia/
Smadav 2010 Rev. 8 dirilis
dengan berbagai fitur dan penyempurnaan baru yang dikhususkan untuk
pemberantasan virus lokal. Fitur-fitur itu seperti Smad-Behavior yang bisa
mengenali virus lokal baru yang belum ada di database Smadav dari tingkah
lakunya ketika menginfeksi sistem. Smad-Ray yang bisa melakukan scan flashdisk
secara otomatis setelah terpasang hanya dalam waktu maksimum 5 detik. Untuk
mendownload Smadav, bisa dilakukan dengan cara mengklik www.SmadavAntivirus.com.
7. Group Purchasing
Contoh : Pusat Grosir
Pakaian Anak
Tamy adalah salah satu
pemilik pusat grosir pakaian anak yang terletak di Bandung. Tamy tidak menerima
pesanan dalam bentuk satuan, karena dia hanya menerima pesanan dalam bentuk
grosir. Tamy akan memberikan diskon special kepada kutomer dengan pesanan
banyak. Untuk pemesanan bisa langsung ke toko maupun ke website :
8. Online Auctions
eBay adalah pasar terbesar di
dunia maya, tempat dimana para pembeli datang dari seluruh dunia mencari
berbagai macam jenis barang yang dijual disana mulai dari barang-barang antik
sampai dengan berbagai jenis mobil, berbagai macam buku sampai dengan peralatan
olahraga, dan banyak lagi lainnya. Tidak hanya pembeli, eBay pun membuka secara
luas kesempatan kepada para pemilik barang dimanapun di seluruh dunia untuk
menjual barangnya dengan cara yang mudah.
Secara umum cara kerja eBay
adalah:
a.
Penjual mendaftarkan barang dagangannya di eBay.
b.
Penjual memilih sistem penawaran yang diinginkan apakah Auction
(sistem lelang) atau "Buy it Now" (fixed price).
c.
Pada sistem lelang, harga dibuka sesuai harga awal yang ditetapkan
penjual dan menetapkan jangka waktu pelelangan. Para peminat kemudian
mengajukan harga penawaran dan pada saat waktu pelelangan habis maka penawar
dengan harga tertinggi yang menjadi pemenangnya.
d.
Sedangkan pada sistem fixed price, pembeli pertama yang mengajukan
penawaran yang akan mendapatkan barang dijual.
Untuk bisa mendaftarkan barang
dagangan, sebelumnya Anda sudah harus memiliki account eBay (pendaftaran di
eBay.com) dan disarankan juga memiliki account Paypal sebagai alat pembayaran
di Internet.
9. Product and Service Customization
Contoh : Bank Mandiri
Selain menyediakan layanan melalui kantor-kantor, baik di pusat
maupun cabang, Bank Mandiri juga menyediakan layanan melalui internet dalam
waktu 1 x 24 jam. Layanan 24 Jam adalah saluran distribusi elektronik Bank
Mandiri yang terdiri dari Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet dan
Mandiri Call. Jadi, nasabah Mandiri bisa melakukan transaksi dan menikmati
layanan Mandiri secara real time.
10. Electronic Marketplaces and Exchanges
Contoh : Glodok Elektronik
Jakarta
Glodok adalah sebuah pasar
elektronik yang terletak di Jakarta yang melayani pemesanan dari seluruh
Indonesia, baik secara langsung, telepon, email, maupun secara on line. Apabila
Anda belanja melalui internet, Glodok akan menyediakan shopping cart untuk
memudahkan Anda dalam memilih barang, dan shopping cart tersebut akan secara
otomatis menampilkan total harga sesuai dengan barang yang Anda pesan.
11. Value-chain
service providers atau jasa provider menawarkan pelayanan special di proses
supply chain seperti logistic penyedia atau jasa payment.
Contoh perusahaannya adalah perusahaan
pengiriman barang FedEx yang telah mampu
memanfaatkan menggunakan Value- chain service providers dengan menambahkan
nilai bagi pelanggan (gratis) dan pada gilirannya telah meningkatkan loyalitas
pelanggan di pasar yang sangat kompetitif. Dalam informasi ini semakin ekonomi
berbasis manajer harus ekstrak nilai dari kedua rantai nilai fisik dan virtual
untuk berhasil.
Dalam
rantai nilai virtual (VVC), informasi telah menjadi elemen dinamis dalam
pembentukan bisnis 'keunggulan kompetitif.
Informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk menghasilkan konsep-konsep
inovatif dan 'pengetahuan baru. Ini
diterjemahkan menjadi nilai baru bagi konsumen. Pemeriksaan model VVC
menginformasikan bisnis apa fungsi mereka dalam rantai tersebut, dan jika
mereka saat ini tidak menawarkan layanan yang berbasis informasi (yaitu layanan
Internet), bagaimana mereka dapat melakukan transisi ke model berbasis
informasi.
Dalam
rantai nilai virtual yang 'virtual' menunjukkan bahwa penambahan nilai
dilakukan dengan langkah-langkah informasi .Transfer informasi antara semua
peristiwa dan di antara semua anggota adalah komponen fundamental dalam
menggunakan model ini. Dalam VVC penciptaan
pengetahuan / nilai tambah didalamnya terdiri dari lima acara: gathering,
organisasi, pemilihan, synthesization, dan penyebaran informasi. Penyelesaian kelima peristiwa, memungkinkan
perusahaan untuk menghasilkan pasar baru dan hubungan baru dalam pasar yang
sudah ada. Proses penyulingan bisnis bahan
mentah menjadi sesuatu yang bernilai dan urutan peristiwa yang terlibat adalah
sama dengan usaha mengumpulkan informasi dan menambah nilai melalui siklus
peristiwa. ( www.wikipedia.com )
12. Supply-chain
improvers adalah
pengaturan kembali supply chain suatu perusahaan yang menjadi pusat jalannya
suatu perusahaan atau pengaturan lainnya yang meningkatkan kerjasama,
mengurangi keterlambatan, dan membuat jalannya supply chain menjadi lebih
licin.
Contoh perusahaannya adalah wings food
perusahaan ini mempunyai pengaturan persediaan di gudang sehingga tidak terjadi
penumpukan persediaan di gudang ( www. Blogster.com ).
13. Supply-chain
improvers adalah
pengaturan kembali supply chain suatu perusahaan yang menjadi pusat jalannya
suatu perusahaan atau pengaturan lainnya yang meningkatkan kerjasama,
mengurangi keterlambatan, dan membuat jalannya supply chain menjadi lebih
licin.
Contoh perusahaannya adalah wings food
perusahaan ini mempunyai pengaturan persediaan di gudang sehingga tidak terjadi
penumpukan persediaan di gudang ( www. Blogster.com )
14. Bartering
Online
adalah sebagai saluran perantara untuk
pertukaran saham atas produk yang surplus dan ataupemebrian point khusus untuk
perusahaan yang memiliki kontribusi yang nantinya point tersebut dapat di pakai
untuk membeli jenis barang apa saja yang dibutuhkan.
Contoh perusahaannya adalah perusahaan
Ameritrade bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi. Pembeli bisa
mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktivitas (www.
community.gunadarma.ac.id )
15. Membership adalah yang diberikan agar siapa yang telah
menjadi member akan dapat mengakses full content, termasuk kedalamnya untuk
mengakses informasi yang di butuhkan, bahkan juga untuk melakukan trading.
Contoh perusahaannya adalah PT
Persib Bandung Bermartabat meluncurkan "Persib Card" untuk mendukung
langkah tim Maung Bandung itu pada Liga Super Indonesia 2009-2010 dalam suatu
acara di Pendopo Walikota Bandung, Kamis (20/8) malam. "Persib Card"
merupakan salah satu bentuk program yang ditawarkan oleh PT Persib Bandung
Bermartabat kepada masyarakat umum atau "bobotoh" untuk
berpartisipasi dan berperan aktif mengantarkan Persib Bandung berlaga di Liga
Super Indonesia 2009-2010 dan Piala Indonesia 2009-2010. "Persib
Card" diluncurkan kepada publik dengan empat jenis kartu yakni Platinum
senilai Rp 10 juta per tahun, Gold Rp 5 juta, Silver Rp 1 juta dan Blue senilai
Rp 100 ribu per tahun. "Persib Card menjadi modal untuk mendapatkan data
statistik yang meliputi jumlah 'bobotoh' tercatat berdasar usia, jenis kelamin,
profesi, domisili dan data lainnya yang berharga dan memperkuat posisi tawar
Persib," kata Dirut PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) H Umuh Muhtar. Para
pemilik kartu Persib itu akan mendapatkan beberapa manfaat sesuai dengan
kategori kartu yang dimilikinya antara lain tiket VIP, kostum Persib, syal,
asuransi kecelakaan dan diskon belanja di gerai berlogo EC.
Sementara
itu PT Persib Maung Bermartabat melakukan ekspos pertama dengan memaparkan
rencana bisnis Persib untuk beberapa tahun ke depan sekaligus menjaring sponsor
untuk musim depan. (http://m.bola.net )
- Deep discounters adalah suatu
perusahaan yang memberikan harga discount yang tinggi sehingga menjadi
pertimbangan untuk para konsumen yang menyadari bahwa di perusahaan mereka
itu sajalah yan memiliki harga discount yang sangat tinggi.
Contoh perusahaannya adalah
Matahari department store melakukan discount besar-besaran pada waktu hari
raya, hal itu dimaksudkan agar barang mereka dapat terjual dengan banyak hal
ini di karenakan toko-toko yang lain juga melakukan hal yang sama yaitu
melakukan discount pada barang yang akan mereka jual oleh sebab itu Matahari
department store melakukan discount yang tinggi pada perusahaannya,
Selain itu pada waktu
barang-barang tidak laku dijual biasanya Matahari department store juga
melakukan discount agar bar-barangnya dapat terjual atau istilah lainnya adalah
cuci gudang. ( www.blogster.com )
- Negotiations merupakan bentuk interaksi tawar menawar antara penjual dan
pembeli. Negosiasi harga digunakan untuk produk khusus arau yang berharga
tinggi. Harga negosiasi biasanya terjadi ketika pembeliam produk dalam
jumlah besar.
Contoh perusahaannya adalah
perusahaan retail carrefour perusahaan ini melakukan negosiasi dalam pembelian
barang jumnlah besar agar mendapatkan harga yang optimal. ( www.wikipedia.com )
- Direct sale by manufactures adalah perusahaan yang
menjual produknya tanpa melalui distributor.
contoh perusahaannya adalah BATA
perusahaan ini menjual produknya dengan harga pabrik. ( www. Blogster.com )
- Social Networks Communities and blogging adalah perusahaaan yang
membuat penyedia jasa jaringan social
contoh perusahaannya adalah
blogspot perusahaan ini memberikan space gratis bagi para penggunanya dalam
bentuk blog. ( www. Blogster.com )
20.
Value- chain intregrators adalah Perusahaan didirikan
karena adanya suatu permintaan pelanggan dan pasar terhadap produk atau jasa tertentu.
Dengan sumber daya yang ada, perusahaan akan berusaha untuk mengubah berbagai
bahan mentah yang ada sebagai input untuk menjadi output berupa produk yang
diinginkan pelanggan. Rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah
menjadi produk jadi ini oleh Michael Porter diistilahkan sebagai Value Chain
(rantai nilai). Karena bahan mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan pada
dasarnya merupakan output atau produk dari rangkaian rantai nilai perusahaan
lain sebagai pemasoknya, maka pengintegrasian kedua rantai nilai ini akan
semakin meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penciptaan produk secara
keseluruhan. Dengan mengintegrasikan rantai nilai perusahaan dengan berbagai
rantai nilai mitra bisnisnya melalui internet, maka berbagai manfaat dapat
secara langsung dirasakan oleh manajemen, misalnya:
- Perusahaan tidak perlu harus menimbun
sedemikian banyak bahan mentah di gudangnya karena tahu persis jumlah stok
dan durasi pengiriman dari para pemasoknya;
- Perusahaan dapat menciptakan produk secara lebih
murah, cepat, dan berkualitas baik karena telah terjalinnya jaringan
proses antara pemasok dan perusahaan;
- Perusahaan dapat meningkatkan profitnya
secara signifikan karena dengan kemampuan menyatukan rantai nilai dari
seluruh perusahaan yang terlibat dalam sistem penciptaan produk,
perusahaan dapat berkonsentrasi pada kompetensi utamanya (core
competencies) dan“membuang” proses-proses pendukung lainnya ke pihak lain
(outsourcing management);
- dan lain sebagainya.
Pada
tahapan evolusi kedua ini, value e-business yang didapatkan perusahaan melalui
pengintegrasian via internet ini akan semakin meningkat. Jika pada tahapan
pertama sebelumnya pelanggan mendapatkan value yang cukup berarti, maka pada
tahap kedua ini selain manajemen, para pemilik perusahaan (shareholders) juga
dapat secara langsung merasakan manfaatnya karena meningkatnya tingkat
profitabilitas dihasilkan perusahaan.
contoh
perusahaannya adalah indofood dan bogasari karena perusahaan bogasari sebagai
penyuplai bahan mentah bagi indofood sehingga indofood mendapatkan yang lebih
rendah dari harga pasar. ( www. Blogster.com )
DAFTAR PUSTAKA
makasih ya mba enno sudah kasih Contoh Perusahaan yang Menerapkan Partial dan Pure e-commerce CELOTEHPRAJA.COM
BalasHapus