Rabu, 03 April 2013

CARA EFEKTIF MENGUMPULKAN DANA UNTUK KEPENTINGAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL KEAGAMAAN


CARA EFEKTIF MENGUMPULKAN DANA UNTUK KEPENTINGAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL KEAGAMAAN

Assalamualaikum Wr. Wb.
Tahun – tahun belakangan ini adalah tahun yang cukup berat bagi kehidupan masyarakat secara global. Seluruh dunia dilanda musibah global yang berasal dari bermacam – macam sebab. Begitu banyak korban jiwa dalam sejumlah bencana yang terjadi dan banyak struktur serta infrastruktur yang rusak oleh karena adanya berbagai bencana tersebut. Tentu tidak mudah bagi para korban untuk pulih dari trauma yang ditimbulkan. Tapi mau tidak mau, mereka harus tetap melanjutkan hidup dengan normal seperti orang lain. Rusaknya sarana dan prasarana kehidupan tentu saja akan menghambat proses pembelajaran dan sosial yang biasa mereka lakukan. Dalam memulihkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan akan membutuhkan tenaga dan dana yang tidak sedikit. Problem yang sekarang dihadapi oleh korban – korban yang ada adalah bagaimana membangun kembali sarana dan prasarana kehidupan mereka seperti semula. Tapi di luar masalah yang dihadapi para korban bencana , ternyata masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan sarana pendidikan yang memadai. Jadi bertambahlah PR bagi negeri kita. Yaitu memperbaiki sarana yang terlanda musibah dan membangun sarana yang lebih baik bagi masyarakat yang belum mendapat sarana yang memadai. Dalam tulisan ini, saya akan memaparkan sedikit cara –cara yang saya rasa efektif untuk mengumpulkan dana untuk kepentingan – kepentingan pembangunan pendidikan dan sosial keagamaan.
Berikut adalah cara mengumpulkan dana (fundraising) untuk sektor yang wilayahnya relatif sempit (provinsi, kabupaten, kecamatan, desa) maupun untuk sektor yang luas. Cara yang mungkin dilakukan untuk mengumpulkan dana (fundraising) diantaranya adalah :

1)      Mengadakan dakwah atau pengajian untuk mendapatkan dana.
Ini adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan di lingkup yang relatif sempit. Dengan mengadakan kegiatan dakwah atau pengajian umum, kita dapat sekaligus melakukan pengumpulan dana bagi kegiatan sosial keagamaan dan pendidikan. Agar kegiatan ini lebih menarik dan mendatangkan lebih banyak dana, kita dapat mengundang pembicara tamu untuk mengisi acara. Pembicara dapat diambil dari tokoh di sekitar yang telah cukup dikenal masyarakat. Selain kegiatan ini sangat bermanfaat, juga dapat menambah pengetahuan bagi orang – orang yang berpartisipasi. Untuk meningkatkan partisipan. Kita dapat mengirim undangan pada masyarakat sekitar. Dalam undangan kita dapat sekaligus mencantumkan maksud pengumpulan dana dalam kegiatan tersebut.

2)      Mengadakan kegiatan seni yang ditujukan untuk penggalangan dana.
Cara ini cukup ampuh untuk dilaksanakan untuk penggalangan dana. Kita dapat menampilkan pertunjukan seni berupa tarian, puisi, lagu – lagu Indonesia, teater, atau pemutaran film. Dalam acara seni semacam ini, kita perlu menentukan tema yang tepat dengan maksud penggalangan dana. Jika kita ingin mengumpulkan dana bagi kegiatan sosial keagamaan, kita dapat mengganti lagu – lagu Indonesia dengan lagu keagamaan dan dapat ditambah dengan sesi pembacaan Al-Quran. Jika kita ingin mengumpulkan dana bagi kegiatan pemdidikan, kita dapat mengisi puisi dan teater yang bertemakan pendidikan. Di akhir acara bari kita jadikan puncak pengumpulan dana.

3)      Mengadakan bazar untuk mendapatkan dana.
Dengan cara ini, kita bisa cukup mudah mendapatkan dana. Sehubungan dengan barang yang akan kita jual pada bazar tersebut, kita bisa meminta bantuan dari warga sekitar untuk mengumpulkan barang – barangnya secara sukarela. Sehinggan nantinya barang hibah tersebut yang akan kita jual. Semakin banyak barang terkumpul, tentu saja semakin banyak dana yang mungkin terkumpul.

4)      Membuat proposal untuk disampaikan ke lembaga tertentu untuk mengumpulkan dana.
Cara ini juga merupakan cara yang cukup jitu untuk mendapatkan dana. Kita bisa mulai menyusun proposal untuk diajukan pada lembaga yang lebih besar guna mendapatkan dana. Strategi ini adalah cara pengumpulan dana melalui kerjasama dengan organisasi atau perusahaan pemilik dana. Dalam hal ini kita mengajukan proposal kegiatan kepada sebuah organisasi atau perusahaan. Proposal tersebut dipresentasikan di hadapan personil yang mewakili organisasi atau perusahaan. Dalam proposal tersebut harus termuat manfaat proposal bagi masyarakat yang dibantu beserta manfaat bagi organisasi atau perusahaan yang akan membiayai program tersebut. Dalam proposal tersebut digambarkan sekilas hak dan kewajiban masing-masing pihak. Mekanisme bentuk donasi yang bisa dilakukan oleh organisasi atau perusahaan seperti bantuan langsung dari dana sosial yang sudah dianggarkan, penyisihan laba perusahaan atau dari potongan setiap transaksi belanja konsumen perusahan. Contoh kecilnya saja adalah seorang dosen di UII. Dosen tersebut memiliki sebuah kegiatan pengajian yang merencanakan untuk memberikan sumbangan pada korban gempa. Dosen tersebut berinisiatif untuk mengajukan proposal permintaan dana pada seorang kepala Cabang Bank terkemuka di Indonesia. Beruntung beliau berhasil dan berhasil mendapat tambahan dana bagi sumbangannya.

5)      Memasang Iklan
Teknik ini dilakukan dengan cara memasang berbagai iklan di media massa, baik iklan yang berisi gambaran tentang kondisi masyarakat yang kesulitan, untuk membangkitkan kesadaran publik maupun iklan yang berisi informasi bahwa kita sedang melakukan penghimpunan dana dan membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. Iklan yang dipilih bisa berbentuk advertorial atau display.

6)      Direct Mail
Yaitu teknik penggalangan dana yang dilakukan dengan cara mengirimkan surat kepada masyarakat calon donatur. Surat tersebut isinya adalah gambaran kondisi masyarakat yang akan dibantu atau program yang akan dilakukan, informasi tentang lembaga dan mekanisme yang bisa dilakukan masyarakat kalau hendak mendonasikan dananya. Misalnya penyebutan nomor rekening dan form kesediaan donasi yang harus diisi.

7)      Telefundraising,
Yaitu teknik penggalangan dana yang dilakukan dengan cara melakukan kontak telepon kepada masyarakat calon donatur. Telepon ini umumnya dilakukan sebagai follow up dari surat yang telah dilakukan atau pertemuan yang pernah dilakukan.

8)      Pertemuan Langsung
Yaitu teknik penggalangan dana yang dilakukan dengan cara melakukan kontak secara langsung dengan masyarakat calon donatur. Selain berdialog langsung, maka pertemuan ini juga biasanya digunakan untuk membagikan brosur, leaflet atau barang cetakan lain guna mendukung keberhasilan penggalangan dana. Tidak sedikit pula pertemuan ini digunakan untuk menghimpun donasi secara langsung.

9)      Pemotongan Penjualan
Kegiatan pengumpulan dana ini dapat terlaksana dengan kerjasama kita dengan produsen penjual produk tertentu untuk waktu tertentu. Pengumpulan donasi dilakukan dengan kompensasi donasi tertentu untuk setiap pembelian produk. Contohnya setiap membeli produk makanan ini maka Rp 1000,- akan didonasikan untuk beasiswa dhuafa. Komunikasinya dapat dilakukan bersama.

10)  Event Fundraising
Berbeda dengan malam pengalangan dana yang dilakukan dengan cara direct, maka event fundraising adalah event biasa yang diselenggarakan dengan maksud sosial. Contohnya adalah Jalan Santai Kepedulian , Lari 10K, Sepeda santai, Umroh Sosial, dll yang dilaksanakan dengan maksud memanfaatkan keuntungan event untuk program sosial. Kegiatan ini dapat bersifat massal dengan pendaftaran dengan biaya yang terjangkau. Biaya penyelenggaraan harus dapat ditutup oleh pendapatan sponsor.

Dengan uraian di atas, saya harap dapat menambah wawasan dan pemikiran pembaca sekalian mengenai teknik dan cara – cara fundraising yang bisa kita lakukan. Begitu banyak orang – orang di luar sana yang maish sangat kekurangan, dan menjadi tugas kita semua untuk memikirkan kehidupan mereka agar bisa menjadi lebih baik lagi. Sebagai manusia kita diciptakan sebagai khalifah yang diberi tugas untuk menjaga bumi tempat kita hidup. Dan alangkah baiknya jika kita tidak hanya menjaga bumi kita, tapi juga membantu segala kesulitan yang dihadapi oleh sesama manusia. Untuk segala kata – kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


DAFTAR PUSTAKA


menjual barang2 hibah utk dijual shg mghasilkan dana







2 komentar:

  1. wah artikel mengenai donasi
    bagus, dan bermanfaat

    terimakasih

    BalasHapus
  2. bapak ibu semua, saya wahyu nugroho saya korban PHK dari tahun 2015. Saya mempunyai 5 anak 1 istri, saat ini saya semakin terpuruk dengan keadaan saya. Saya sudah melamar pekerjaan kesana sini tapi belom ada jawaban panggilan. Dengan ini saya mengharapkan bantuan dana dari bapak ibu semua disini untuk bisa membuka usaha kecil2an seperti warung dan lain2. Mohon kiranya bapak ibu bisa membantu saya sesama umat moslem, berikut nomor rekening saya BCA : 2308933275 nomor HP saya 081282595557

    BalasHapus